Lihat Semua Produk
BATIK SOLO

Pengertian Membatik dan Jenis-Jenis Teknik Membatik


Pengertian Membatik dan Jenis-Jenis Teknik Membatik – Membatik memiliki kata dasar “batik”. Batik sendiri adalah salah satu karya seni terapan di Indonesia yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, terutama busana. Membatik diartikan sebagai sebuah teknik melukis atau menggambar di atas kain dengan memanfaatkan lilin dan canting sebagai medianya. Sejalan juga dengan yang dikatakan Nusjirwan Tirtaamidjaja yang mengatakan pengertian membatik sebagai suatu teknik untuk menghias kain atau tekstil dengan lilin dimana semua proses dilakukan menggunakan tangan. Pada intinya, membantik adalah seni untuk membuat selembar kain lebih bernilai dengan gambaran yang khas batik.

Di Indonesia, seni membatik hingga saat ini masih dilestarikan dengan banyaknya industri yang bergerak di bidang busana batik. Mulaii dari batik tulis, batik cap hingga batik print. Batik memang lebih identik dengan warna coklat, namun saat ini sudah banyak dikembangkan teknik membatik yang berwarna. Dari pengertian membatik diatas, ada beberapa teknik yang biasa digunakan dalam seni membatik. Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

Pengertian membatik – Kenali 5 Teknik Pembuatan Batik di Indonesia

pengertian membatik

Ada beberapa cara teknik membatik yang dilakukan para produsen batik yang sampai saat ini masih dipakai untuk memproduksi batik. Disini akan dijelaskan secara singkat untuk teknik-teknik membuat batik yang ada di negara kita ini.

1. Teknik Canting Tulis

teknik-batik-tulis

Salah satu teknik membatik ini adalah yang paling tua dan pertama kali digunakan saat kemunculan seni membatik. Teknik cantik tulis merupakan teknik membatik dengan alat yang disebut canting. Canting yang sudah diisi dengan malam, ditorehkan pada kain yang sudah terlebih dahulu digambar pola dengan pensil. Teknik ini membutuhkan ketelitian dan keuletan yang tinggi, sehingga tidak heran jika harga batik tulis saat ini masih dijual mahal. Apalagi dalam pembuatannya membutuhkan waktu yang lama. Sesuai dengan pengertian membatik sebelumnya, teknik ini membutuhkan kreatifitas dan seni yang tinggi untuk membuat pola yang indah dan bernilai jual tinggi.

2. Teknik Celup Ikat

teknik-batik-celup-ikat

Teknik membatik ini sangat dikenal dan sering diterapkan pada proses membatik di wilayah Yogyakarta, Jawa Tengah, Banjarmasin dan Palembang. Sesuai namanya, proses membuat motif pada kain dilakukan dengan cara mengikat sebagian kain kemudian dicelupkan dalam pewarna. Saat diangkat dari pewarna, bagian yang diikat tidak akan terkena warna. Seiring perkembangan jaman, teknik ini juga turut berkembang dengan proses yang tidak hanya dicelupkan saja, melainkan dengan disiram, di-spray, disuntik dan lainnya.

3. Teknik Cap

Teknik membatik ini bisa dibilang sangat mudah dilakukan dan cepat, karena Anda hanya tinggal melakukan cap layaknya “menyetempel” diatas kain. Canting yang sudah didesain sedemikian rupa dicelupkan dalam cairan malam. Kemudian dicapkan pada kain sehingga akan meninggalkan motif batik. Karena prosesnya yang mudah dan tidak butuh waktu lama, harga batik cap sangat terjangkau dibandingkan batik tulis maupun batik ikat. untuk lebih detail tentang teknik cap ini bisa di baca di artikel lainnya tentang pengertian batik cap.

4. Teknik Printing

Mirip dengan teknik cap, namun dalam teknik printing alat cap yang digunakan lebih besar menyerupai alat sablon. Secara teknis, lebih cepat menggunakan teknik printing dibanding teknik cap. Sehingga batik hasil printing juga dijual lebih murah. Biasanya teknik batik printing ini banyak digunakan untuk seragam sekolah, seragam kantor, maupun seragam batik lainnya. Juga sekarang ini banyak sekali baju batik yang kain batiknya terbuat dari teknik print.

Simak juga artikel kami yang menawarkan jasa buat batik printing solo

5. Teknik Colet (tolet)

teknik-batik-colet

Jika Anda melihat motif-motif batik yang berwarna-warni, umumnya itu dibuat dengan teknik colet. Teknik ini juga sering disebut teknik lukis karena memang mengandalkan seni lukis yang tinggi untuk membuatnya. Tidak seperti menggambar diatas kertas yang jika ada kesalahan bisa dihapus atau diganti, dalam melukis kain diperlukan ketelitian dan kehati-hatian yang tinggi. Bahkan melukisnya pun juga menggunakan kuas.

Dari ulasan pengertian membatik dan jenis-jenis teknik membatik diatas, manakah teknik yang paling Anda sukai? Biasanya, konsumen lebih banyak yang menyukai teknik tulis karena tidak luntur dan awet. Namun untuk budget yang pas-pasan, teknik cap dan printing bisa jadi alternatifnya.

Demikianlah artikel pembahasan tentang pengertian membatik yang dijelaskan secara singkat. Untuk pembahasan yang lain bisa Anda simak di artikel lainnya di website ini. Semoga penjelasan tentang hal-hal membatik bisa menambah wawasan Anda tentang dunia batik.