Lihat Semua Produk
BATIK SOLO

Makna Batik Sidomukti di Adat Jawa


Makna Batik Sidomukti Berdasarkan adat jawa  – Kalau Anda ingin mengenal batik lebih dalam, maka tidak akan jauh dari jenis jenis batik dan motifnya. Salah satu motif batik yang terkenal yaitu batik sidomukti. Motif batik ini dalam pengetahuan batik solo, merupakan salah satu jenis batik yang di gunakan pada saat proses untuk pernikahan di adat Jawa. Bahkan batik ini bisa juga dikenal dengan nama batik sawitan.

Penjelasan makna batik sidomukti

Kalau kita dalami lebih jauh arti makna sidomukti dalam bahasa jawa, mempunyai dua suku kata yang mempunyai aerti masing-masing. Kata pertama yaitu “sido”, kalau di artikan dalam bahasa Indonesia bermakna “jadi / terlaksana”. Lalu kosakata kedua “mukti” mempunyai arti dalam bahasa Indonesia “sejahtera/makmur”. Jadi bila dua suku kata tersebut digabung mempunyai filosofi, agar si pemakai motif batik sidomukti ini akan terlaksana untuk dapat hidup makmur dan sejahtera. Itulah mengapa setiap pelaksanaan adat pernikahan di haruskan memakai motif batik sidomukti.

Simak juga nama motif batik dan daerah asalnya 

Dalam adat jawa, selalu lebih mengedepankan makna dan simbol. Terlebih lagi berbicara tentang motif batik, selalu ada makna yang mendalam. Setiap makna dalam motif batik selalu mempunyai harapan dan tujuannya. Seperti halnya dalam penjelasan batik sidomukti ini, setiap ornament juga mempunyai arti dan tujuan masing-masing. Pada jaman dahulu, setiap orang yang akan membuat motif batik sidomukti selalu mempersiapkan diri melalui ritual puasa terlebih dahulu. Agar harapan dan doa nya dapat dikabulkan oleh yang maha kuasa.

Motif batik ini mempunyai beberapa ornamen yang memiliki arti masing-masing. Setiap ornamen akan kami jelaskan berdasarkan arti dibawah ini.

Gambar batik Ornamen Kupu-kupu

makna batik sidomukti

Gambar ornament kupu-kupu ini mempunyai arti dan makna sebuah pencerahan atau pembebasan. Bila Anda memperhatikan siklus kehidupan kupu-kupu mulai dari ulat, yang mempunyai keterbatasan bergerak, juga masih memiliki banyak kelemahan. Sehingga ulat selalu menjadi mangsa bagi hewan-hewan lainnya. Lalu dari seekor ulat, siklus selanjutnya bertapa menjadi kepompong.

Dari proses menjadi kepompong itu sangatlah tersiksa, karena tidak bisa bergerak sama sekali dalam jangka waktu yang cukup lama. Kemudian setelah menjadi kepompong, maka berubahlah menjadi seekor kupu-kupu yang dapat terbang kesana kemari. Jadi dalam hal ornamen kupu-kupu ini, bisa dijadikan gambaran bahwa setiap manusia haruslah mampu untuk menahan diri atau dalam bahasa jawa “perihatin” agar dapat menghasilkan hasil yang lebih baik kedepannya.

Simak juga daerah penghasil batik di jawa tengah

Gambar ornamen singgasana raja

batik-sidomukti-solo

Makna batik sidomukti di Ornamen ini, menggambarkan sebuah harapan untuk terus naiknya derajat manusia itu sendiri dan keluarga di mata masyarakat sekitar. Juga mempunyai arti dapat menempati kedudukan yang tinggi, dihormati dan mulia seperti gambaran seorang Raja. Sebagaimana seorang Raja selalu mendapatkan tempat tertinggi dan menjadi pemimpin bagi sebuah kerajaan atau negeri.

Gambar ornamen Gunungan

batik-sidomukti-magetan

Ornamen dalam motif batik ini mempunyai symbol harapan untuk si pemakai batik ini diberikan keteguhan yang kuat seperti sebuah gunung. Dalam keteguhan tersebut, akan mampu mengendalikan hawa nafsu yang ada dalam diri nya. Karena bila seseorang memiliki kemampuan mengendalikan hawa nafsu diyakini oleh masyarakat sekitar jawa mampu mendatangkan kemakmuran.

Gambar ornamen Bunga

Makna batik sidomukti di gambar onamen ini juga mempunyai arti yang sangat dalam. Gambar sebuah bunga yang melambangkan keindahan dan kecantikan, ternyata diyakini bisa menjadi sebuah sumber kehidupan. Karena dari munculnya sebuah bunga, dapat muncul serbuk dan biji-bijian yang mampu berkembang biak. Sehingga gambar bunga memiliki makna awal dari sebuah perkembangan kehidupan.

Juga ada beberapa ornamen lainnya yang berupa isen-isen, seperti Sawut yang bergambar garis-garis yang berjajar lembut yang berfungsi sebagai pengisi dedaunan, Cecekan yaitu gambar titik-titik sebagai penghias ruang kosong dalam motif sidomukti, ornamen ukel yaitu hiasan seperti rambut keriting, dan juga ornament cecak pitu yang berupa titik-titik yang mempunyai jumlah tujuh buah.

Simak artikel lain tentang Pengertian Membatik 

Demikianlah penjelasan makna batik sidomukti yang di jelaskan di artikel ini. Setiap motif batik selalu mempunyai makna yang mendalam dan sebuah harapan yang agung. Jadi dalam setiap makna motif batik bisa Anda jadikan sebuah pelajaran hidup untuk menjadi lebih baik. Masih banyak motif batik lainnya yang belum dijelaskan disini yang mempunyai makna yang bagus untuk dipelajari. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda yang ingin mendalam tentang motif batik sidomukti.